Perokok Pria Lebih Besar Risiko Kanker

No Comments

Meskipun tak ada jaminan perokok terbebas dari kanker, perokok pria justru lebih berisiko kanker paru-paru  daripada perokok perempuan. Maka, berhatilah para perokok pria yang belum membuang kebiasaan buruknya.

Laporan dari  jurnal Science merokok mengurangi jumlah kromosom Y dalam sel darah. Kromosom Y sendiri hanya ada dalam tubuh pria. Pada penelitian sebelumnya menunjukkan ketika sel-sel darah kehilangan kromosom Y, potensi kanker berkembang lebih besar. Meski masih belum jelas hubungan antara kromosom Y dan kanker, diduga kromosom ini berperan dalam menahan perkembangan kanker.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Uppsala University di Swedia ini menguji hal-hal apa saja yang bisa memengaruhi kehilangan kromosom Y. Seperti umur, olahraga, diabetes, kolesterol, pendidikan, kebiasaan merokok dan alkohol. Ternyata, yang menyebabkan penurunan jumlah kromosom hanya kebiasaan merokok dan umur.

Lalu, diuji  coba juga ketika para responden pria ini berhenti merokok. Ternyata, kromosom Y jumlahnya meningkat di dalam sel darah pria.

"Hal ini menunjukkan bahwa merokok menyebabkan hilangnya kromosom Y dan memberhentikan kebiasaan merokok bisa meningkatkan kembali kromosom Y yang ada dalam sel darah," terang penulis utama studi Lars Forsberg seperti dilansir laman Time pada Jumat seperti ditulis Liputan6.com.

http://health.liputan6.com/read/2143180/pria-perokok-lebih-rentan-kena-kanker-daripada-perempuan

back to top